Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, Tuhan berpakaian, berikat pinggang kekuatan. —Mazmur 93:1

Air terjun Iguazu di perbatasan Brazil dan Argentina merupakan rangkaian spektakuler dari 275 air terjun yang terbentang sepanjang 2,7 KM di Sungai Iguazu. Pada dinding di sisi yang berada di wilayah Brazil terpahat teks Mazmur 93:4, “Dari pada suara air yang besar, dari pada pecahan ombak laut yang hebat, lebih hebat Tuhan di tempat tinggi.” Tepat di bawahnya tertulis kalimat, “Allah selalu lebih besar daripada semua masalah kita.”

Penulis Mazmur 93, yang menuliskan mazmurnya pada masa pemerintahan raja-raja, mengetahui bahwa Allah adalah Raja di atas segala raja. “Tuhan adalah Raja,” tulisnya. “Takhta-Mu tegak sejak dahulu kala, dari kekal Engkau ada” (ay.1-2). Setinggi apa pun air bah atau gelombang ombak, Tuhan tetaplah lebih besar dari segalanya.

Deru air terjun memang dashyat, tetapi kamu tidak akan menyukainya apabila kamu berada di dalam air dan terseret menuju ke air terjun. Mungkin itulah gambaran situasi yang kamu hadapi saat ini. Masalah kesehatan, keuangan, atau relasi semakin membebanimu, dan kamu merasa hampir terjatuh dalam pusaran air terjun itu. Dalam situasi seperti itu, orang Kristen memiliki satu Pribadi yang dapat menolongnya. Dialah Tuhan, “yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan” (Ef. 3:20) karena Dia jauh lebih besar dari semua masalah kita. —C. P. Hia

Tuhan, aku tahu Engkau penuh kuasa dan jauh lebih besar daripada persoalan apa pun yang kuhadapi. Aku mempercayai-Mu untuk menolongku melewati semua itu.

Jangan pernah mengukur kuasa Allah yang tak terbatas dengan pengharapan kita yang terbatas.