Bunga Es

Baca: 1 Korintus 12:4-14

Ada bermacam-macam karunia dari Roh Allah, tetapi semuanya diberi oleh Roh yang satu. —1 Korintus 12:4 BIS

Ketika masih berusia lima belas tahun, Wilson Bentley terpikat oleh keindahan dari serpihan salju. Dengan menggunakan mikroskop tua pemberian ibunya, ia mengamati serpihan salju itu dengan rasa kagum dan membuat ratusan sketsa dari beragam bentuknya yang luar biasa. Namun serpihan salju itu terlalu cepat meleleh sebelum detailnya dapat terlihat jelas. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1885, Bentley mendapat ide untuk menempelkan kamera bellows di mikroskopnya. Setelah mengalami banyak kegagalan, akhirnya ia berhasil memotret serpihan salju pertamanya. Sepanjang hidupnya, Bentley memotret 5.000 serpihan salju dan masing-masing memiliki bentuk yang berbeda. Ia menamainya “keajaiban mungil yang indah” dan “bunga es”.

Tidak ada serpihan salju yang sama persis bentuknya, tetapi semuanya berasal dari satu sumber yang sama. Demikian juga dengan para pengikut Kristus. Kita semua berasal dari Pencipta dan Penebus yang sama, tetapi setiap kita berbeda. Dalam rencana-Nya yang mulia, Allah telah memilih untuk menyatukan beragam jenis orang, dan Dia memberi kita bermacam-macam karunia. Dalam menggambarkan beragam karunia yang dimiliki orang percaya, Paulus menuliskan: “Ada bermacam-macam karunia dari Roh Allah, tetapi semuanya diberi oleh Roh yang satu. Ada bermacam-macam pekerjaan untuk melayani Tuhan, tetapi Tuhan yang dilayani itu, Tuhan yang satu juga! Ada berbagai-bagai cara mengerjakan pekerjaan Tuhan, tetapi yang memberikan kekuatan untuk itu kepada setiap orang adalah Allah yang satu juga”(1Kor. 12:4-6 BIS).

Bersyukurlah kepada Allah atas kontribusi tersendiri yang dapat kamu berikan dalam menolong dan melayani sesama. —Dennis Fisher

Ya Tuhan, terima kasih untuk keunikan yang Engkau berikan kepadaku. Tolong aku setia menggunakan karunia itu untuk melayani-Mu dan sesama.

Setiap orang merupakan hasil karya unik dari rancangan Allah yang penuh kasih.